Forward Port to Virtualbox and Used as Server

Meneruskan Port ke Mesin Virtual dan Menggunakannya sebagai Server

VirtualBox dan VMware keduanya membuat mesin virtual dengan tipe jaringan NAT secara default. Jika Anda ingin menjalankan perangkat lunak server di dalam mesin virtual, Anda harus mengubah jenis jaringan atau port forward-nya melalui NAT virtual.

Mesin virtual biasanya tidak dapat dijangkau dari luar mesin virtual, jadi standarnya baik untuk kebanyakan orang. Ini benar-benar memberikan keamanan, karena mengisolasi mesin virtual dari koneksi yang masuk.

Memilih Bridged Networking

Dengan tipe jaringan NAT, sistem operasi host Anda melakukan terjemahan alamat jaringan. Mesin virtual berbagi alamat IP komputer host Anda dan tidak akan menerima lalu lintas masuk. Anda dapat menggunakan mode jaringan yang dijembatani – dalam mode bridge, mesin virtual akan muncul sebagai perangkat terpisah di jaringan Anda dan memiliki alamat IP sendiri.

Untuk mengubah jenis jaringan mesin virtual di VirtualBox, klik kanan mesin virtual dan pilih Pengaturan. Jika Anda tidak dapat mengklik Pengaturan, Anda harus mematikan mesin virtual sebelum melakukan perubahan ini.

Pilih Modus jaringan adaptor yang dijahit di bagian Pengaturan jaringan dan klik OK. Untuk informasi lebih lanjut tentang masing-masing jenis mode jaringan, lihat bagian Pengantar jaringan di manual VirtualBox.

Prosesnya serupa dalam aplikasi VMware. Pertama, klik kanan mesin virtual yang dimatikan dan pilih Virtual Machine Settings.

Pilih perangkat hardware virtual Network Adapter, pilih jenis koneksi jaringan Bridged, dan klik OK.

Meneruskan Port ke Mesin Virtual

Jika Anda lebih suka menggunakan mode jaringan NAT karena alasan tertentu, Anda juga dapat memforward port melalui NAT mesin virtual. Perhatikan bahwa hanya satu dari langkah-langkah ini yang diperlukan – Anda tidak perlu meneruskan port jika Anda mengaktifkan jaringan yang dijembatani di atas.

Pada satu titik, Anda harus menggunakan perintah VBoxManage untuk meneruskan port di VirtualBox, tetapi VirtualBox sekarang berisi jendela port-forwarding sederhana grafis. Jika Anda perlu mengatur port forwarding dengan perintah VBoxManage daripada menggunakan antarmuka grafis, Anda akan menemukan instruksi untuk melakukannya dalam manual VirtualBox.

Untuk meneruskan port di VirtualBox, pertama buka jendela pengaturan mesin virtual dengan memilih opsi Pengaturan di menu.

Pilih panel Network di jendela konfigurasi mesin virtual, rentangkan bagian Advanced, dan klik tombol Port Forwarding. Perhatikan bahwa tombol ini hanya aktif jika Anda menggunakan jenis jaringan NAT – Anda hanya perlu memforward port jika Anda menggunakan NAT.

Gunakan jendela Port Forwarding Terminal VirtualBox untuk meneruskan port. Anda tidak harus menentukan alamat IP apa pun – kedua bidang itu opsional.

Jika Anda menggunakan VMware, Anda harus menggunakan aplikasi Virtual Network Editor (vmnetcfg) untuk melakukan ini. Pengguna VMware Workstation dapat memilih Edit -> Virtual Network Editor untuk membukanya.

Sayangnya, utilitas ini tidak disertakan dengan VMware Player. Ada beberapa metode untuk menginstal sendiri dengan mengekstraksi file vmnetcfg.exe dari installer VMware Player, tetapi saya tidak dapat menemukan utilitas vmnetcfg.exe di versi terbaru VMware Player, VMware Player 5.0 – mungkin tidak lagi disertakan dalam penginstal. Jika Anda menggunakan VMware Player, Anda masih dapat menggunakan mode jaringan yang dijembatani untuk membuat server Anda dapat diakses.

Ingat bahwa ini hanya bagian dari proses pembuatan perangkat lunak server di dalam mesin virtual yang dapat dijangkau. Anda juga harus memastikan bahwa:

  • Perangkat lunak firewall yang berjalan di dalam mesin virtual Anda tidak memblokir koneksi. (Anda mungkin perlu mengizinkan program server di firewall sistem operasi tamu.)
  • Perangkat lunak firewall di komputer host Anda tidak memblokir koneksi. (Ini hanya berlaku untuk mode NAT dengan port forwarding – firewall komputer host tidak mengganggu mode jaringan yang dijembatani.)
  • Router Anda meneruskan port dengan benar – ini hanya diperlukan jika Anda ingin mengakses mesin virtual dari Internet.

Sumber: https://id.if-koubou.com
Juga Sebagai Dokumentasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s